10 March, 2009

di jual: KEMISKINAN!!!

mak petungul!!!
ggak mau ngomong banyak. cuma bisa nyayangkan (ada)tayangan-tayangan di TV yang gak mendidik. semisal acara ajang menjadi bitang nyanyi di salah satu stasiun TV. ntah bisa dibilang obyektif nggak kalo menentukan pemenangnya lewat poling SMS. walaupun katanya cuma jadi faktor kecil buat menentukan si peserta menang, tapi tetep aja nurut saya nggak obyektif.palagi cara narik simpati pemirsa itu lho, kok nggak dengan nunjukin kualitas. kan ada tuh yang malah nampilin kehidupan sehari-hari yang serba susah.
kayaknya emang nggak pas kalo saya bilang ngemis, tapi sulit buat nyari kata yang cocok...
ntah si peserta yang gak sadar telah make cara salah
atau dia sadar cuma dengan cara ini dia bisa dapet dukungan..
soalnya kita nggak tau juga, pemirsa lebih milih yang berkualitas atau yang cakep aja, atau yang menurut mereka 'kasian kalo kalah'.
parah emang, tapi itu kenyataan.
satu contoh lagi, acara reality show yang isinya seolah nunjukin "gini lho, kalo orang susah masuk TV"...saya nggak mau nyebutin judulnya apaan (mungkin temen-temen pada tau), ntah acara itu masih nayang atau nggak (sklilas dan skali ngliat ja dah gak tega -bukan sok kaya lho-).
inti acara itu adalah 'menghibur' pemirsa dengan mempertontonkan betapa tergopoh-gopohnya seorang (yg gak berpunya -tentu aja) ketika di kasih sejumlah uang yang harus di habiskan dalam waktu terbatas. nolong/ ngasi duit tu mbok yang iklas.
ada lagi (dan masih banyak lagi) contoh, sebuah tayangan tentang "tolong menolong", dimana orang yang mau nolong dapet hadiah, sementara orang yang nggak mau nolong secara nggak sadar telah di buat malu di depan sekian ribu pemirsa acara itu. seolah "ini lho muka orang yang gak mau nolong sesamanya".

java app
google map

No comments:

MERDEKA

merdeka itu bukan wujud, tapi rasa. banyak yg hidup di sebuah (wujud) negri yg hampir 73 tahun merdeka, tapi tidak merasakan (rasa) kemerdek...