06 November, 2009

5000 (bag 3)

sabtu, 08 nov 08.
19:00
sebenarnya berat buat minjamkan motor ini ke si giyo. walau sebenarnya supri tau giyo gak bkal macem2 ama tuh motor. tapi kalo sempet pak totok tau motornya di pake ama ponakan-nya yang brandal itu. apa gak mungkin supri yang kena marah.
"rawat motor ini baik2, kamu pakai aja. asal jangan buat neko2. satu lagi, jangan di pinjamkan giyo!" gitu pesen pak totok wktu itu.
"wis to, santai aja lah ndog. mosok gak seneng kamu liat aku jalan ma surti?" rengek si giyo tadi.
gak tega supri liat muka melas giyo. seberanya giyo itu anak yg baek. cuma pikiranya masih pendek. supri jadi inget dulu waktu pertama kali menapak-kan kakinya di kota gudeg ini 3 tahun lalu. putus asa. ndak punya apa-apa. uang hasil jual sapi bapaknya, di tambah utang sama tetangganya di situbondo, malah di bawa lari sama orang yg menjanjikan ngajak dia kerja di jepang.
lima hari dia keleleran di kota pendidikan itu. putus asa plus malu mau pulang ke kampung membuat dia seperti orang linglung. untung aja waktu itu dia ketemu giyo yg memperkenalkan ke pakleknya, hingga supri di pekerjakan di kios telor miliknya.

sabtu 08 nov 08, 20:45
udara dingin musim hujan memang enak bwa makan yg anget2. seperti waktu ini, giyo lagi asik berduaan di sebuah warung bakso lesehan d malioboro. cukup rame, yg jajan bejubel. maklum malam minggu. kesempatan ini dimanfaatkan betul ma giyo buat ndempet ke surti. cewe seksi yg gak lulus SMP ini cuma mesam-mesem cuek. di hatinya dia lg girang. bisa jalan ama giyo, ponakan pak totok sang juragan telor. pasti duit-nya banyak pikirnya. liat aja, dandan dah mirip orang kantor, necis.
gak rugi dia dah ke salon tadi sore.
lagi asik mereka dengan bakso dan pikiran masing-masing, nyadar kalo ternyata jari-jari jahil berhasil menarik dompet giyo. yah tepat.. sekarang aku ada di tangan copet yg dengan leluasa dapat memanfaatkan keadaan yg lagi rame.
hah, sialnya giyo..
kini aku dibawa semakin menjauh dari warung lesehan itu. sang copet membawaku masuk ke sebuah gang yg remang2.
"jangkrik! mung seket?" mulut si copet ngedumel gak jelas sambil berkali2 membolak-balik dompet si giyo. lalu mencampakkan-nya ke selokan. "rak sembodo ama dandanan-nya" gumam sicopet lagi.
"cari mangsa lagi ah" si copet balik lagi ke tempat tadi dengan santai. tampak kegaduhan di warung tadi. surti lg mencak2 maki2 si giyo "dasar rak gableg, udah aku yg mbayar makanan, lha sekarang kok mau minjem uang buat ngisi motor!? wis surungen wae yok"
[bersambung]

No comments:

MERDEKA

merdeka itu bukan wujud, tapi rasa. banyak yg hidup di sebuah (wujud) negri yg hampir 73 tahun merdeka, tapi tidak merasakan (rasa) kemerdek...